RANGKUMAN MATERI BAB 2 TENTANG PENGOLAHAN KATA, PENGOLAHAN ANGKA DAN PRESENTASI

 A. Mengolah kata diperangkat lunak

1. Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro. Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen. Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.  

2. Cara Membuka Perangkat Lunak Pengolah Kata, Misalnya Microsoft Word 1. Melalui Start Langkah – langkahnya adalah : Klik start > Programs, baru masuk ke folder MS Office. Atau mungkin langsung dari klik start > Programs > Microsoft Word. 2. Dari shortcut yang sebelumnya kita buat terlebih dahulu. Langkah – langkahnya adalah dengan klik ganda shortcut yang akan dibuka.3. Dari Start > Run lalu kita pilih Browse. Langkah – langkahnya adalah tinggal kita cari letak dari file yang akan kita buka. Misalnya di Program Files\Microsoft Office\Winword.exe. Setelah terpilih klik Ok. 4. Cara lain adalah melalui Windows Explorer, lalu kita cari lokasinya seperti pada langkah no. 3. 5. Sedangkan yang terakhir adalah melalui fasilitas pencarian yang dimiliki oleh Windows. Langkah langkahnya adalah klik start > Search > All files and folders. Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang ingin kita cari, misalnya winword. Setelah ditemukan tinggak klik maka file tersebut akan dieksekusi. 

3.Fitur² Microsoft Office Word 2007

   1.office button
   2.quick Access Toolbar
   3.Title bar
   4.Control button
   5.menu baru
   6.Help button
   7.Grup
   8.Tombol kotak dialog
   9.Ruler
  10.Lembar kerja
  11.Scroll bar
  12.Status bar
  13.View toolbar
  14.Zoom control

4.Mengolah data di Microsoft Office word 2007


A.Membuat Dokumen Baru


Untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Office Word 2007 menggunakan langkah langkah sebagai berikut.

1) Gunakan perintah shortcut Ctrl+N pada keyboard, atau klik ikon New yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau tekan Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih New.

2) Maka, akan muncul jendela New Document. 3) Pilih Blank document, kemudian tekan tombol Create. Maka, lembar kerja dokumen baru

akan muncul.

B. Menyimpan Dokumen


Apabila sudah selesai menggunakan program Microsoft Office Word 2007 untuk menyimpan file yang sudah dibuat lakukan langkah-langkah berikut.

1) Gunakan perintah shortcut Ctrl+S pada keyboard, atau klik ikon Save yang terdapat pada Quick Access Toolbar, atau klik Office Button pada jendela Microsoft Office Word 2007, kemudian pilih Save As.

2) Maka, akan muncul kotak dialog Save As. 3) Pada bagian Save in pilih drive atau folder yang diinginkan.

4) Ketik nama file pada bagian File name.

5) Klik tombol Save.

C.Membuka dokumen


Apabila sudah pernah membuat file pada Microsoft Office Word 2007 dan ingin membuk kemball file tersebut gunakan salah satu cara berikut.

1) Menggunakan ikon Open yang terdapat pada Quick Access Toolbar. 2) Menggunakan menu Open yang terdapat pada Office Button.

3) Menggunakan perintah shortcut Ctrl+O pada keyboard.

4) Melalui menu My Documents yang bisa diaktifkan melalui klik tombol Start→→ pilih My

Documents.

5) Melalui fasilitas Windows Explorer yang terdapat pada komputer.

D. Menyalin Dokumen


 Untuk menyalin atau menggandakan dokumen pada Microsoft Office Word 2007 gunakan cara

berikut. 1) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf.

2) Pada grup Clipboard → klik ikon Copy atau tekan kombinasi tombol Ctrl+C pada keyboard. 3) Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan

kursor pada tempat salinan diletakkan.

4) Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V

pada keyboard.

e. Memindahkan Dokumen


Jika ingin memindahkan teks atau objek menggunakan cara berikut.

1) Lakukan blok atau seleksi pada teks dan objek yang akan dipindahkan.

2) Klik ikon Cut yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+X

pada keyboard.

3) Buka lembar kerja baru atau jika ingin diletakkan pada dokumen yang sama, pindahkan

kursor pada tempat salinan diletakkan.

4) Klik ikon Paste yang terdapat pada grup Clipboard atau tekan kombinasi tombol Ctrl+V

pada keyboard.

F. Mencetak dokumen

G. Mengatur batas margin halaman

  Margin adalah jarak antar teks / batas pengetikan dan tepi kertas. Untuk mengatur margin halaman bisa menggunakan ruler /ikon margin yang terdapat pada tab menu page layout. 

4.Menformat Dokumen Microsoft Office Word 2007

a. Pengaturan Teks


Jika ingin mengatur teks pada paragraf menggunakan cara

berikut.

1) Lakukan seleksi pada teks yang akan diformat.

2) Klik pada salah satu ikon yang terdapat pada tab menu

Home → grup Font.

b. Pengaturan Paragraf


1) IDENTASI PARAGRAF


Indentasi adalah jarak antara batas pengetikan (margin kiri) dan teks paragraf. Untuk mengatur indentasi paragraf salah satunya menggunakan fasilitas ruler. Ruler merupakan satuan ukuran yang terletak di bagian atas dan bagian kiri lembar kerja. Berikut adalah bagian-bagian dari ruler.

1.First Line Indent

2.Left Indent

3.Hanging Indent

4.Right Indent

KETERANGAN:
First Line Indent, untuk mengatur posisi awal huruf pertama pada paragraf baru. 

Hanging Indent, untuk mengatur paragraf gantung atau indentasi baris berikutnya.

Left Indent, untuk mengatur batas kiri paragraf.

Right Indent, untuk mengatur batas kanan paragraf.

2) MENGATUR PERATAAN PARAGRAF


Untuk mengatur perataan pada paragraf menggunakan cara seperti

Right Indent.

a). Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diatur perataannya. 

b). Pada tab Home→ grup Paragraph - klik salah satu ikon perataan, yaitu Align Text Left, Center, Align Text Right, atau Justify.

c).Berikut adalah contoh pemakaiannya:

 (1) Align Text Left atau Ctrl+L

Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk meng hubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf yang membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.

(2) Center atau Ctrl+E.

Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk meng hubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf yang membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah

dimengerti oleh pembuatnya.

(3) Align Text Right atau Ctrl+R.

Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk meng hubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf yang membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah

dimengerti oleh pembuatnya.

(4) Justify atau Ctrl+J.
   
Mind map dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk meng hubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf yang membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.


3) MENGATUR JARAK SPASI

  Untuk mengatur jarak spasi menggunakan cara seperti berikut;
A. Lakukan blok /seleksi pada paragraf yg akan di atur jarak spasinya. 
B. Pada tab menu home  >  grup Paragraph >   klik ikon Line Spacing sehingga muncul pilihan seperti gambar disamping 



4.MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS

  Microsoft Office Word 2007 menyediakan fasilitas untuk membuat penomoran berupa angka ataupun gambar secara otomatis menggunakan format Bullets dan Numbering. Untuk membuat penomoran angka secara otomatis menggunakan cara sebagai berikut.

a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran.

b) Pada tab menu Home → grup Paragraph → klik pada ikon Numbering. Maka, akan muncul pilihan format nomor seperti gambar di samping.

Adapun jika ingin membuat penomoran dengan gambar menggunakan cara sebagai berikut.

a) Lakukan blok atau seleksi pada paragraf yang akan diberi penomoran.

b) Pada tab menu Home → grup Paragraph → klik pada ikon Bullets. Maka, akan muncul pilihan format bullet seperti pada gambar di samping.

c) Pilih salah satu jenis bullet atau gambar yang diinginkan.



5.MEMBUAT HEADER DAN FOOTER 

Header merupakan catatan kepala yang biasanya menempati bagian margin atas (top) halaman, sedangkan footer merupakan catatan kaki yang biasanya menempati bagian margin bawah (bottom) halaman. Header dan footer bisa diisi dengan teks, gambar, tabel, nomor halaman, atau tanggal dan waktu. Untuk membuat header pada dokumen menggunakan cara seperti berikut.

a) Buka dokumen yang akan diberi header. b) Pada tab menu Insert → grup Header & Footer → klik ikon Header. Maka, akan muncul pilihan seperti gambar di samping.

c) Pilih salah satu layout header yang diinginkan. Maka, akan

muncul tampilan seperti gambar di samping.

d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai yang

diinginkan.

e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer. 

Untuk membuat footer caranya sebagai berikut.

a)Buka dokumen yang akan diberi footer.

B)Pada tab menu Insert → grup

Header & Footer klik ikon

Footer sehingga muncul tampilan

pilihan layout footer.

c) Pilih salah satu layout footer yang diinginkan

d) Klik pada bagian Type text dan ketik teks sesuai

yang diingink

e) Setelah selesai, klik tombol Close Header and Footer.
NAMA:DEFRI LUCKY FIRJATULLAH
KELAS:X TKJ 1
ABSEN:11
PELAJARAN:SISKOMDIG
MATERI:MENGOLAH KATA DI PERANGKAT LUNAK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PRODUKTIF DAN SISKOMDIG